setu asih pulo

Kamu Belum Tau Setu Asih Pulo? Begini Sekarang Kondisinya

171

Setu Asih Pulo yang terletak di Jalan Situ Asih, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas, Depok, memiliki potensi sebagai tempat wisata yang cukup besar. Setu Asih Pulo bukan hanya menjadi objek wisata air saja, tetapi juga menjadi lahan konservasi.

Di tepi setu tersebut, pengunjung dapat menyaksikan pemandangan pepohonan hijau maupun tanaman bunga. Namun, pada saat ini Setu Asih Pulo tercemar oleh ganggang yang memenuhi sebagian setu. Cukup memperihatinkan bukan? Nah, yuk cari tahu dulu tentang kondisi Setu Asih Pulo terkini.

Area parkir dan musholah

Ini kondisi parkir sama musholanya guys / Novelia

Di Setu Asih Pulo area parkir yang ada belum tertata dengan rapi, dan musholahnya pun demikian. Namun setu ini masih dalam tahap perbaikan, yang nantinya wajah setu ini akan semakin cantik apabila dari hal kecil diperhatikan keberadaannya.

Spot Foto yang Instagrammable

Ternyata di setu ini juga ada spot foto yang recommended lho. SO, kamu gak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk berswafoto di spot foto yang sudah disediakan di setu ini karena gratis.

Namun, kalau kamu ingin ikut berpartisipasi mengeluarkan sebagian rezeki kalian sangat diperbolehkan lho. Di dalam spot fotonya disediakan sebuah kardus untuk kalian dapat meletakkan uang. Namun, spot foto ini juga masih dalam tahap perbaikan. Secepatnya akan ditata ulang seperti sediakala.

Area pemancingan

Setu Asih Pulo memiliki kedalaman berkisar antara 0,5 sanpai 2 meter sehingga dapat menampung debit air lebih banyak. Di area danau seluas 4,40 hektar tersebut, kamu bisa nikmatin desiran angin dan udara sejuk, sambil bermancing ria di tepi danau.

Pemancingan di setu ini cukup menarik dan banyak warga yang berminat menghabiskan hari liburnya untuk memancing di tempat ini. Salah satu bagian setu juga dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tambak ikan.

Bebek Air

Setu Asih Pulo juga menyediakan fasilitas yang cukup mumpuni untuk menghabiskan libur akhir pekan. Di setu ini kalian dapat menjumpai bebek air yang bisa kamu mainkan sepuasnya.

Tapi, sayangnya kurangnya perhatian dan perawatan oleh warga sekitar pengelola setu ini, keberadaan bebek air mulai terabaikan. Bebek-bebek yang ada hampir semuanya rusak dan tidak dapat digunakan. Semoga kedepannya, setu ini dapat kembali pulih ya, agar tidak membosankan hanya melihat air saja, tetapi juga kita dapat bermain-main dengan bebek air di tengah danau.

Masih ada yang peduli

Program kelompok kerja (Pokja) dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) sangat membantu sekali lho. Program yang sudah terlaksana yaitu pembersihan situ secara swadaya dan rutin, yang telah di upayakan untuk memperindah Setu Asih Pulo.

Mereka bekerja secara bertahap. Aliran air yang tercemar oleh ganggang perlahan sudah mulai indah di pandang mata. Selain itu Pokja dan Pokdarwis merencanakan setu sebagai tempat wisata air dan jogging track, pengelolaan situ sebagai income bagi masyarakat sekitar situ, penanaman bibit ikan sebagai tempat pemancingan, dan yang terakhir mereka mengupayakan kerjasama dengan dinas pengairan untuk pengaturan sirkulasi air ke situ.

Wah banyak sekali ya program perencanaan untuk setu tersebut. Semoga segera terlaksana ya, agar situ-situ yang ada di Depok dapat dijadikan tempat alternatif untuk berwisata murah berbasis alam.

Setu Asih Pulo bisa kamu kunjungi setiap hari. Untuk menghilangkan penat, kamu bisa menikmati pemandangan dan hembusan angin yang menyejukkan pikiran. Penasaran? Yuk langsung aja ke sana guys.

Sumber foto utama: panduanwisata


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

depok24jam