shelter ojek online

5 Fakta Shelter Ojek Online di Stasiun Depok Baru

10

Ada pemandangan berbeda di kawasan Stasiun Depok Baru. Di sana kamu bakal menemukan shelter ojek online. Jadi, para penumpang commuter line yang turun di stasiun tersebut gak usah nunggu di sembarang tempat. Begitu juga dengan pengemudi ojol. Mereka sudah memiliki halte khusus.

Nah, buat yang belum tahu info lengkap terkait shelter ojek online di Stasiun Depok Baru. Mendingan langsung simak aja lima hal berikut ini.

1. Shelter ojek online dibangun patungan

shelter ojek online

Tribunnews

Pengendara ojek online sebetulnya sudah meminta dibuatkan shelter khusus pada Pemkot Depok sejak 2017 lalu. Ini bertujuan agar gak ada gesekan antara angkutan umum dengan ojek online.

Namun, permintaan para pengemudi ojek online atau ojol ini rupanya gak digubris oleh pihak Pemkot Depok. Dengan alasan pemerintah harus menyesuaikan aturan dengan pemerintah pusat.

Gak mau berharap banyak, sepertinya para pengemudi ojol di Depok ini berinisiatif untuk membangun shelter khusus ojol di kawasan Stasiun Depok Baru.

Mereka membangun shelter tersebut dari dana patungan para pengemudi yang sering mangkal di area Stasiun Depok Baru. Setiap pengemudi dipungut biaya Rp 20.000 buat pembangunan shelter tersebut.

2. Banyak fasilitas yang didapat pengemudi

shelter ojek online

Yukepo

Shelter ojek online di area Stasiun Depok Baru tersebut dibangun di atas lahan milik Kementerian Perhubungan. Pengemudi ojol Depok mengklaim pihak Kemenhub telah memberikan izin pembangunan shelter.

Di shelter tersebut, para pengemudi bisa memperoleh beragam fasilitas antara lain tempat duduk, toilet, stop kontak, hingga mushola.

Mereka juga gak keberatan kalau suatu saat lahan tersebut dibongkar oleh Kemenhub. Karena dari awal memang sepakat bahwa status lahan tersebut pinjaman.

3. Lebih nyaman saat menunggu tumpangan

shelter ojek online

Grab

Sebelum ada shelter khusus, para ojol ini sering mangkal di pinggir jalan yang tak jauh dari area stasiun. Dengan kehadiran shelter ini, baik para pengemudi atau penumpang diharapkan bisa lebih nyaman saat nunggu tumpangan.

Shelter tersebut juga difasilitasi kanopi, jadi penumpang bisa terjaga ketika hujan atau siang saat panas terik. Beda dengan sebelumnya ketika para pengemudi ojol berkumpul di jalan dan trotoar sekitaran Stasiun Depok Baru yang bikin lalu lintas macet.

4. Pro dan kontra keberadaan shelter

shelter ojek online

Irwan, Penanggungjawab Shelter Ojek Online di Stasiun Depok Baru (Tribunnews)

Seperti dikatakan di atas, shelter ojek online di Stasiun Depok Baru menuai pro dan kontra. Sebab, beredar surat Peraturan Shelter untuk Driver yang menjadi perbincangan hangat di media sosial.

Banyak yang mengatakan dengan adanya shelter dan aturan tersebut, keberadaan ojek online gak jauh beda dengan ojek pangkalan.

Dalam salah satu poin surat tersebut disebutkan setiap driver non anggota ojol Stasiun Depok Baru yang mengangkut penumpang di kawasan tersebut dipungut Rp 2.000. Selain itu, driver yang melanggar aturan didenda Rp50.000.

Irwan, salah satu penanggung jawab ojol Stasiun Depok Baru, seperti diberitakan Tribunnews mengatakan, aturan tersebut baru wacana yang rencananya akan diterapkan.

Dia menjelaskan pembangunan shelter menggunakan biaya patungan tanpa ada bantuan dari pihak manapun. Sehingga ke depannya bakal ada petugas, pengurus kebersihan dan pengelola shelter sehingga butuh biaya operasional.

Irwan menambahkan uang Rp 2.000 tersebut dinilai gak terlalu besar dan hanya sekali bayar dalam sehari bagi non anggota. Karena nantinya para driver ojol ini bisa menikmati fasilitas toilet, mushola, hingga charger ponsel. Adapun, denda Rp50.000 agar para driver lebih tertib.

5. Shelter jadi sarang orderan fiktif

Keberadaan shelter ojek online di Stasiun Depok Baru ternyata diduga banyak yang gak suka. Irwan, masih dikutip dari Tribunnews mengatakan ada pengalaman ketika driver ojol menunggu setengah jam di shelter di tengah hujan. Ternyata orderan itu fiktif.

Memang sih, adanya shelter tersebut di sisi lain memudahkan penumpang dan pengemudi. Namun, di sisi lain menimbulkan juga pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat karena aturan bakunya belum ada, termasuk dari pemerintah sendiri.

Nah, menurutmu Depokers, kalau setiap stasiun dibikin shelter seperti ini setuju apa enggak?

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Kamu tahu Tentang Alun-Alun Kota Depok

Sumber Featured Image: Tribunnews




5 thoughts on “5 Fakta Shelter Ojek Online di Stasiun Depok Baru

  1. kiki amelia

    Keren banget emang depok mah, always mengeluarkan ide” kreatif sampe patungan buat shelter supaya mengurangi kemacetan dan kepadatan disaat jam pulang kantor. The best ❤

    Reply
  2. Siti Nur'ma

    Sekarang Depok semakin maju dan berkembang ya. Semoga aja kedepannya Depok ini bisa jadi lebih tempat yang menyenangkan dan mudah diakses serta dikurangin macetmacetnya hehe

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *