bulak timur

Beli Pakaian Grosiran Gak Perlu ke Tanah Abang, Cukup ke Bulak Timur Aja

128

Jika kita berbicara tentang bahan dan pakaian grosir pasti langsung terlintas pasar Tanah Abang ya kan guys? Tapi tahukah kamu kalo di Depok sebetulnya ada tempat yang serupa lokasinya di Bulak Timur, Cipayung, Depok.

Sentra pakaian grosir di Bulak Timur mulai menunjukan geliatnya pada medio 1990-an guys, yang ditandai oleh bermunculannya usaha konveksi rumahan di daerah tersebut. Perlahan namun pasti usaha konveksi di Bulak Timur pun menemui jalur keemasaannya, setelah dilirik para pembeli dari Tanah Abang dan Jatinegara.

Sebagian besar pengusaha konveksi di daerah Bulak Timur mendapatkan bahan tekstil dari wilayah Jawa Barat lainnya, seperti Bandung dan Bogor. Nampak sekilas jalan Bulak Timur tidak pernah lenggang dari lalu lalang kendaraan, meski luas jalannya tidak seberapa.

Dok: Kompasiana

Puncak kepadatan di sentra grosir Bulak Timur kerap terjadi pada saat-saat menjelang lebaran guys. Beberapa alasan lain juga membuat Bulak Timur sering kali menjadi distributor bagi pedagang-pedagang besar di luar wilayah Depok. Apa saja kira-kira yang menyebabkan hal tersebut guys? Yuk kita cari tau dibawah ini.

Harga grosir

Bahan baku sisa tekstil yang di dapatkan dari pabrik-pabrik di daerah Jawa Barat dan lainnya boleh jadi adalah jawaban mengapa harga grosir pakaian nan miring di Bulak Timur. Meski begitu, pegiat usaha konveksi di Bulak Timur menyulap bahan baku tersebut menjadi bahan jadi yang kualitasnya dapat bersaing di pasar.

Harga grosir yang murah ini juga membuat para pedagang di pasar Tanah Abang dan Jatinegara melirik Bulak Timur sebagai produsen pakaian mereka, bahkan ada pula beberapa konveksi di Bulak Timur yang juga memiliki toko fisik di pasar Tanah Abang. Sementara itu alasan yang sama juga berlaku untuk berkembang pesatnya wilayah Bulak Timur seperti sekarang karena secara otomatis membuka lapangan penghasilan bagi warga sekitar.

Menjual bahan baku sampai pakaian jadi

Dok: Poskota

Ada lagi yang harus kamu ketahui nih tentang Bulak Timur guys, di situ tidak hanya menjual pakaian saja lho tetapi juga bahan baku. Bahan baku dan pakaian biasa dijual kodian (grosir) atau jika kamu pengen beli satuan juga bisa guys yang pastinya tidak menguras kantong dan secara tak langsung kamu ikut serta dalam mengembangkan perindustrian lokal di Depok.

Butuh perhatian Pemkot Depok

Toko-toko pakaian berjejer di sepanjang jalan bulak timur sesekali juga terlihat mobil boks yang tengah memuat berkodi-kodi komoditas besar dari daerah tersebut yang siap untuk dikirim. Sentra pakaian grosir Bulak Timur jika dipoles sedikit akan dapat menjadi pusat distributor pakaian terbesar di Kota Depok yang berarti juga menumbuhkan perekonomian bagi kota tersebut. Perhatian dari pemerintah sejatinya akan mampu membawa perkembangan lokasi Bulak Timur kearah yang lebih tinggi lagi nantinya.

Udah pernah belanja pakaian di Bulak Timur guys?

Sumber Foto Utama




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

depok24jam