Bangun Pedestrian Ramah Disabilitas di Jalan Kartini, Pemkot Depok Lengkapi Trotoar dengan ‘Guiding Block’

24

DEPOK24JAM, – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok tengah membangun pedestrian atau trotoar yang ramah pengandang disabilitas di Jalan Kartini.

Trotoar yang dibangin di Jalan Kartini ini disampaikan Wali Kota Depok Mohammad Idris akan dilengkapi dengan “guiding block” atau penunjuk arah bagi penyandang disabilitas.

“Hal ini dilakukan agar seluruh pengguna jalan merasa nyaman,” ungkap Mohammad Idris.

Dari penjelasan Mohammad Idris, guiding block yang akan dipasang di trotoar tersebut berfungsi sebagai rambu jalan bagi tunanetra, bertekstur timbul dengan warna kuning.

Idris mengaku telah memerintahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) untuk memasang guiding block yang memenuhi standar.

“Kemudian, jalurnya tidak terputus, rapi, dan cat tak mudah terkelupas serta tidak menabrak tiang maupun pohon,” ucapnya.

Trotoar di Jalan Kartini, ungkap Idris akan memberikan kemudahan bagi pengguna kursi roda ketika naik dan turun dengan trotoar yang akan dibangun bervariasi.

“Mulai dari 1 hingga 1,5 meter dengan panjang 1,5 kilometer, dengan ketinggian berkisar 15 cm dari bahu jalan,” beber Mohammad Idris.

Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan pembangunan trotoar ramah disabilitas disiapkan pada jalur yang bertekstur.

Hal itu bertujuan agar warga penyandang disabilitas bisa terarah dan tidak ada perbedaan elevasi yang membahayakan.

Adapun pembangunan trotoar Jalan Kartini ini ungkap Citra akan menggunakan pola seperti trotoar di Jalan Margonda.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

depok24jam