Tari Topeng Cisalak Depok Diakui Sebagai Warisan Budaya Tak Benda

ridwan kamil

DEPOK24JAM,- Tari Topeng Cisalak dari Depok menjadi salah satu dari 19 jenis kebudayaan yang diakui sebagai warisan budaya tak benda (WBTB).

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan Tari Topeng Cisalak dari Depok menjadi cikal bakal Tari Topeng Betawi di Jakarta.

Hal itu diungkap Ridwan Kamil saat menyampaikan bahwa Jabar menjadi provinsi terbanyak yang memiliki WBTB. Tahun ini, ada 19 jenis yang diakui sebagai WBTB.

“Dan selama kami menjabat sudah 81 total ekspresi budaya yang mendapat pengakuan dan totalnya 105,” kata Ridwan Kamil di Depok.

Pria yang kerap disapa Emil ini berharap agar agar kebudayaan ini terus berkembang sebanyak-banyaknya sehingga hidup seimbang.

“Jadi sebegitu kaya budaya Jawa Barat. Mudah-mudahan media mengapresiasi agar kebudayaan ini terus berkembang sebanyak-banyaknya agar hidup seimbang. Urusan fisik, rasa, dan spiritual juga bisa,” tuturnya.

Dia juga menyampaikan bahwa pariwisata pasca pandemi sudah balik ke situasi normal bahkan sudah melebihi sehingga pihaknya kewalahan.

Emil mengungkapkan survei yang menyebutkan bahwa orang Indonesia ini kurang piknik. Dari survei itu mengatakan bahwa orang Indonesia piknik hanya 2,6 kali setahun.

Dia juga mengaku selama dirinya menjadat, banyak sektor pariwisata yang direvitalisasi, salah satunya adalah alun-alun.

“Jadi piknik lah biar bahagia. Jawa Barat banyak destinasinya, tidak usah selalu mahal, ada kebun teh, ada jalan sehat naik sepeda, naik motor. Mari kita piknik,” ujarnya.

Emil juga mengungkapkan bahwa dirinya akan meresmikan Masjid Agung di Jawa Barat yang merupakan masjid terbesar se-Jawa Barat bernama Masjid Raya Al Jabar.

Masjid itu nanti bisa dijadikan tujuan wisata juga, lantaran ada berbagai destinasi yang bisa dinikmati di masjid tersebit, seperti museum Rasullulah hingga taman 25 Nabi dan Rasul.

“Di sana ada pariwisata. Ada museum Rasullulah, didalamnya ada perjalanan Islam Nusantara. Kemudian dikelilingi danau nanti ada perahu. Kemudian dikelilingi taman 25 Nabi dan Rasul. Jadi itulah salah satu kebanggan,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *