Agar Biaya Pengobatan Murah, Lakukan 5 Cara Ini

0

Bagi sebagian orang, biaya pengobatan untuk orang sakit dianggap sering gak masuk akal. Harga obat mahal sering dikeluhkan masyarakat yang ingin berobat. Terutama bagi mereka yang kondisi keuangannya kurang mencukupi.

Tapi tenang aja. Masyarakat bisa mendapat biaya pengobatan yang murah kok. Yuk simak beberapa poin di bawah ini.

1. Manfaatkan Puskesmas

Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas mungkin jadi tempat pertama kali yang didatangi ketika ada orang sakit. Selain mudah diakses, Puskesmas merupakan tempat pelayanan kesehatan yang terjangkau.

Biaya pengobatan di Puskesmas emang lebih murah dibanding klinik atau rumah sakit pada umumnya. Biasanya, kita hanya membayar uang pendaftaran dan biaya untuk menebus obat. Tentunya biaya pengobatan di masing-masing Puskesmas juga berbeda-beda.

Puskesmas biasanya melayani pengobatan berbagai penyakit yang tergolong ringan dan sedang. Namun, kalau pihak Puskesmas tidak sanggup menangani penyakit pasien, maka biasanya akan dirujuk ke rumah sakit.

Pelayanan Puskesmas saat ini udah mulai bagus lho. Di beberapa daerah seperti di Jakarta, Depok, Bogor dan daerah lainnya pelayanan Puskesmas udah 24 jam. Selain itu, di Puskesmas tertentu juga udah bisa melayani persalinan.

2. Pengobatan alternatif

Metode pengobatan satu ini banyak digemari oleh masyarakat. Alasannya, biaya pengobatan alternatif dinilai lebih murah dibanding berobat ke dokter atau rumah sakit.

Biasanya, pengobatan alternatif ini menggunakan bahan-bahan alami atau herbal. Banyak orang meyakini pengobatan alternatif lebih baik dibanding pengobatan konvensional.

Namun, bukan berarti pengobatan jenis ini sangat dianjurkan. Ada juga kelemahan dari metode pengobatan alternatif ini. Salah satunya terkait penelitian obat-obatan yang dinilai banyak yang kurang teruji secara klinis.

3. Pilih obat generik

Jangan menyepelekan obat generik atau obat yang belum memiliki hak paten. Kualitas obat jenis ini gak kalah bagus dibandingkan obat paten.

Sejak 2007 lalu, hampir semua obat generik di Indonesia menjalani uji mutu. Termasuk memenuhi metode cara pembuatan obat yang baik (CPOB).

Maka jangan heran kalau banyak obat generik yang dijual udah memenuhi standar jaminan mutu.

Harga obat generik juga relatif murah dibanding obat paten yang diproduksi industri farmasi. So, buat yang ingin biaya pengobatannya ringan, gak ada salahnya buat memilih obat ini.

Tapi jangan salah ya. Kamu tetap harus konsultasi dengan ahli terkait penggunaan obat tersebut. Jangan mentang-mentang obatnya murah, terus kamu konsumsi seenaknya.

Pastikan juga kamu udah konsultasi dengan dokter terkait penyakit yang diderita. Karena gak semua penyakit bisa diobati dengan obat generik.

4. Klinik sekolah atau kampus

Buat kamu yang masih mengenyam pendidikan, pastikan di kampus atau sekolahmu punya layanan kesehatan atau klinik. Sebab, layanan kesehatan ini penting kalau kamu tiba-tiba sakit dan malas berobat ke dokter atau rumah sakit karena mahal.

Biaya pengobatan di kampus atau sekolah biasanya juga terjangkau. Bahkan mungkin bisa gratis. Asalkan bukan penyakit serius aja ya. Soalnya, fasilitas klinik di kampus atau sekolah juga mungkin gak begitu lengkap.

5. Konsultasi via internet

Informasi seputar dunia kesehatan sekarang mudah diakses. Banyak situs-situs yang memuat artikel bagus tentang dunia kesehatan yang bisa kamu baca. Para penulisnya ada dari dokter langsung dan ada juga dari kalangan ahli.

Kamu bisa manfaatkan internet untuk nyari tahu soal info kesehatan tersebut. Misalkan, kamu terkena demam. Sebelum pergi berobat ke dokter, ada baiknya kamu baca-baca dulu artikel soal demam dan cara pengobatannya di internet.

Banyak kok artikel soal cara ampuh mengobati demam. Mungkin aja isi artikel tersebut sama seperti anjuran bila kamu ke dokter. Bedanya, kalau ke dokter kamu bayar, kalau baca via internet kamu gak usah bayar biaya konsultasi.

Namun, bukan berarti kamu gak boleh ke dokter sama sekali ya. Kamu tetap aja harus memastikan untuk konsultasi lebih lanjut soal penyakitmu. Baca-baca artikel kesehatan di internet hanya untuk upaya pertolongan pertama aja sebelum kamu berobat ke dokter.

Yang jelas, kalau kamu benar-benar lagi sakit parah, jangan pernah untuk tidak diperiksa. Apalagi mendiamkannya. Kalau penyakit didiemin gitu aja, bisa-bisa tambah parah lho penyakitnya. Gak mau kan keluar duit banyak gara-gara penyakitmu makin parah. Makanya, lebih baik mencegah daripada mengobati, kan?

 


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *