wali kota depok

Kamu Gak Tau Siapa Nama Wali Kota Depok? Baca Dulu Ini Deh

32

Beberapa waktu lalu artis Ayu Ting Ting yang merupakan warga Depok cukup menghebohkan media sosial saat dia mengaku lupa nama Wali Kota Depok. Ternyata bukan hanya Ayu saja yang gak kenal siapa nama Wali Kota Depok. Warga biasa dan netizen pun banyak yang gak tahu siapa sosok Wali Kota Depok.

Nah, buat yang belum tau siapa nama wali kota Depok, kali ini depok24jam mau bahas deh nama-nama wali kota pertama hingga yang sedang menjabat sampai sekarang ini. Yuk langsung simak aja guys.

Badrul Kamal, Wali Kota Depok 2000-2005

Badrul Kamal / twitter

Badrul Kamal lahir di Bogor, 20 Desember 1945. Badrul Kamal adalah Wali kota Depok pertama sejak Depok resmi menjadi kota mandiri bukan bagian dari Kabupaten Bogor lagi. Badrul berpasangan dengan Yus Ruswandi menjabat pemerintahan Depok periode 2000-2005.

Badrul Kamal pernah mengenyam pendidikan pesantren. Tidak hanya itu, Badrul Kamal juga melanjutkan sekolah di SMP dan SMANegeri 1 bogor. Di tahun 1966-1970 Badrul menempuh pendidikan Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN). Sebelum menjabat sebagai wali kota, Badrul Kamal juga sudah lebih awal menjabat sebagai wali kota administrasi depok.

Nur Mahmudi Ismail, Wali Kota Depok dua periode

Nur Mahmudi Ismail / bisnis.com

Dr. Ir. H. Nur Mahmudi Ismail, Msc, merupakan wali kota kedua setelah Badrul Kamal. Ia lahir di Kediri, 11 November 1961. Nur Mahmudi adalah seorang ilmuwan pangan dan politikus Indonesia dari Partai Keadilan. Nur, menjabat wali kota pada periode 2006-2011 berpasangan dengan Yuyun Wirasaputra.

Pada Pilkada Depok 2010-2016 Nur Mahmudi maju bersama Muhammad Idris sebagai wakilnya. Artinya Nur Mahmudi dua periode menjabat wali kota Depok. Belakangan Idris juga terpilih sebagai wali kota Depok.

Nur Mahmudi mengenyam pendidikan Program S1 di Institut Pertanian Bogor jurusan Teknologi pertanian setelah itu Program S2 di Master Science Food and Science Technology Texas A & M University (M.Sc.) dan S3 Doctor of Philosophy Science Food and Science Technology Texas A & M University (Ph.D.).

Nur Mahmudi juga pernah menjadi Menteri Kehutanan dan Perkebunan Republik Indonesia (1999 – 2000) dan Menteri Kehutanan Republik Indonesia (2000 – 2001).

Mohammad Idris, Wali Kota Depok 2016-Sekarang

Mohammad Idris / depokrayanews

Ia lebih akrab disapa Idris Abdul Shomad. Ia lahir di Jakarta, 25 Juli 1961. Mohammad Idris pernah mengenyam pendidikan di TK Budi Asih, Jakarta Selatan, SD Matraman Wadas, Jakarta, mantan alumni Pondok Modern Gontor.

Lanjut kuliah S1 Ushuluddin Dakwah, Universitas Imam Mohammad Ibnu Daud Gassim, Saudi Arabia, S2 Dakwah Komunikasi, Universitas Imam Mohammad Ibnu Daud Gassim, Saudi Arabia, hingga S3 Syariah Tsaqofah Islamiyah, Universitas Imam Mohammad Ibnu Daud Gassim, Saudi Arabial.

Tidak hanya bergelut di bidang pendidikan, Idris juga aktif mengikuti berbagai organisasi dan banyak menjabat posisi penting seperti menjadi Sekjen IKADI Jakarta, dan Sekretaris MUI Kota Depok. Pernah juga diberi penghargaan di tahun 2010 oleh Satya Lancana Karya Satya 10 Tahun, UIN Jakarta.

Pada Pilkada Depok 2015, Idris terpilih sebagai Wali Kota Depok periode 2016-2021 bersama wakilnya Pradi Supriatna. Idris diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera, Partai Gerindra dan Partai Demokrat.

Nah itulah sekilas tentang nama-nama wali kota Depok. Semoga wali kota sekarang dapat menjalankan amanah dengan baik demi membangun kota depok yang lebih maju dan sejahtera.

Sumber foto utama: viva




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lebih Tahu Depok