stasiun depok lama

Menguak Sejarah dan Hal Unik Stasiun Depok Lama

97

Sebagian besar warga Depok mungkin lebih memilih kereta rel listrik (KRL) sebagai alat transportasi sehari-hari. Di Depok sendiri paling tidak ada beberapa stasiun sebagai tempat naik KRL yakni Stasiun UI, Pondok Cina, Depok Baru dan Stasiun Depok Lama

Seperti diketahui, masing-masing stasiun menyimpan cerita dan sejarah yang unik, tak terkecuali Stasiun Depok Lama. Nah, kamu tau gak guys sejarah Stasiun Depok Lama seperti apa? Jangan salah lho, banyak hal yang menarik dari stasiun satu ini.

Kali ini depok24jam akan sedikit mengulas apa saja yang menarik dari Stasiun Depok Lama? Yuk langsung cek aja guys.

Sudah ada sejak 30-an

Ternyata sudah tua ya usia Stasiun Depok Lama. Pada tahun 1930 sejak kolonial Belanda dioperasikan pertama kali, rel kereta api ini sudah ada lho. Di sini, sistem angkutan kereta api pertama kali disediakan sebagai alat transportasi. Usia Stasiun Depok Lama sudah ada sekitar 89 tahun semenjak pengoperasian pertama.

Memiliki 4 jalur aktif

Stasiun Depok Lama memiliki 4 jalur aktif yang digunakan. Yaitu jalur 1 dan 2 untuk tujuan Jakarta Kota, Jatinegara, Duri, Angke, dan Tanah Abang. Dan jalur 3 biasanya digunakan untuk arus kereta api yang hanya sampai Stasiun Depok Lama lalu dioperasikan kembali ke Jakarta Kota. Dan yang terakhir jalur 4 untuk tujuan Citayam, Bojong Gede, Cilebut, dan Bogor.

Terdapat 2 sekolah dan gereja

Tidak hanya untuk menunggu kereta api saja. Di area Stasiun Depok Lama juga terdapat dua sekolah yaitu SDN 2 Depok dan SDN 4 Depok. Selain itu terdapat gereja, yaitu gereja Kristen Pasundan Jemaat Depok. Letak gereja diampit kedua sekolah tersebut. Ternyata hal ini juga menjadi menarik yang ada di Stasiun Depok Lama.

Punya terowongan buat warga

Terowongan Stasiun Depok Lama digunakan untuk masyarakat yang tinggal di sebrang stasiun. Sebelum ada terowongan, masyarakat yang tinggal disebrang stasiun selalu nyebrang melintasi rel kereta api. Maka dari itu untuk mengurangi angka kecelakaan dibuatlah terowongan. Kalo sekarang sih hampir setiap stasiun punya terowongan buat penumpang ya. Bagus deh biar gak banyak angka kecelakaannya.

Banyak kuliner lezat

Buat kamu yang punya waktu buat masak. Kuliner yang ada di sekitaran Stasiun Depok Lama bisa jadi pilihan. Mulai dari sarapan, makan siang, hingga makan malam. Aneka kuliner tersebut yaitu bakso, bubur ayam, soto, nasi uduk, pecel, aneka kue kering atau basah, dan masih banyak lagi masakaan yang disajikan. Kalian tinggal pilih lho, sesuai keinginan dan harga yang inginkan.

Nah! Sekarang Depokers sudah tau bukan, hal menarik apa saja yang ada di Stasiun Depok Lama. By the way kalo kamu naik KRL di Stasiun Depok Lama pulangnya suka jajan apa aja sih? Hehehe

Sumber Gambar




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

depok24jam