kampung bonsai depok

Kampung Bonsai Depok Ini Dulunya Kumuh dan Sering Dijadikan Tempat Mabuk-Mabukan

58

Bonsai adalah salah satu tanaman yang bisa dibilang berbeda dengan tanaman lain. Bonsai memiliki tubuh yang kecil seperti layaknya kurcaci. Tanaman bonsai terdapat di depan rumah atau halaman yang biasanya untuk mempercantik suatu ruangan.

Tapi kali ini bonsai dijadikan sebagai ikon salah satu kampung yang ada di Depok. Berlokasi di Jalan Pertamina tepatnya di pertigaan antara Jalan Juanda dengan Jalan Margonda Raya Kota Depok, kampung yang dulunya kumuh disulap menjadi kampung bonsai. Komunitas Kampung Kita Depok (K3D) adalah salah satu pengelola kampung bonsai tersebut.

Kali ini Depok24jam akan mengupas, hal apa saja yang menarik dari kampung bonsai tersebut. Kepo kan yuk ikutin terus!

Lokasi penampungan rongsokan

Dulunya, lokasi ini digunakan oleh para tukang rongsokan untuk menampung barang rongsokan. Tak hanya itu saja kampung ini juga dulunya hanya terdapat bangunan liar yang disalah gunakan masyarakat untuk kegiatan seperti tempat mabuk dan perjudianan. Maka dari situlah timbul ide bila kampung kumuh disualap menjadi kampung bonsai.

Sebab pemilihan bonsai

Selain memiliki tubuh yang unik, tanaman bonsai sangat mudah sekali dirawat. Hanya dengan menyiramnya saat pagi dan sore saat musim hujan. Pemilihan bonsai dikarenakan dengan perkembangan seperti layaknya pohon namun ukurannya lebih kecil atau disebut kerdil. Maka dari itu K3D memilih bonsai sebagai ikon kampung kumuh tersebut. Oh, ya di tempat ini juga sering diadalin latian biola bersama komunitas sekitar.

2.000 pot tanaman bonsai

Ada sekitar 2.000 pot bonsai yang berada dikampung tersebut. Mulai dari tanaman bonsai yang masih kecil hingga yg sudah besar. Bahkan ada salah satu bonsai yang usiannya sudah 80 tahun. Jenis anting putri kepulauan Riau, adalah salah satu jenis bonsai yang bisa hidup kurang lebih 80 tahun. Maka dari itu pemilihan bonsai anting putri sangat diminati.

Tidak diperjual belikan

Banyak masyarakat yang melintasi jalan tersebut mengira, bahwa tanaman bonsai yang berjejer tersebut dijual. Sayangnya belum banyak yang mengetahui bahwa tanaman bonsai tersebut adalah ikon kampung saja. Namun tak perlu sedih lho, jika kalian ingin memulai tanaman bonsai sebagai tanaman kalian. Kampung bonsai menyediakan bibit tanaman bonsai yang dijual mulai dari Rp500.000 sampai Rp1 juta sesuai dengan jenis bonsai itu sendiri.

Nah! Sekarang kalian sudah mengetahui yaa kampung bonsai, jangan sampai salah lagi lho ketika melintasi jalan tersebut. Yuk ramaikan ruang terbuka hijau, untuk Kota Depok yang asri.

Sumber Foto: kumparan




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

depok24jam