Kucumbu Tubuh Indahku

Alasan Film Kucumbu Tubuh Indahku Dilarang di Kota Depok

1

Film Kucumbu Tubuh Indahku besutan sutaradara Garin Nugroho telah resmi tayang di berbagai bioskop Indonesia. Film yang telah memperoleh penghargaan ini mendapat respons besar dari masyarakat.

Meski menuai beragam komentar dengan kehadiran film tersebut karena mengandung unsur penyimpangan seksual di dalamnya, tidak secara otomatis membuat penayangan film ini diurungkan karena banyak pula netizen yang mengapresiasi film tersebut.

Adapun, salah satu daerah yang menolak adalah Kota Depok. Apa alasan Pemkot Depok melarang film Kucumbu Tubuh Indahku dilarang tayang di Depok?

Bertentangan dengan slogan Depok ramah anak

Pemkot Depok telah melayangkan surat keberatan kepada KPI (Komisi Penyiaran Indonesia) untuk melarang pemutaran film Kucumbu Tubuh Indahku di bioskop-bioskop wilayah Depok. Hal ini berkaitan langsung dengan konten dari film tersebut yang tidak sesuai dengan slogan Depok kota ramah anak dengan alasan menampilakn adegan penyimpangan seksual sehingga dapat meresahkan masyarakat khususnya para orang tua yang memiliki anak usia remaja. Perilaku penyimpangan seksual di dalam film tersebut disinyalir dapat mempengaruhi persepsi anak muda dalam menyikapi perilaku tersebut secara gamblang yang juga dapat mempengaruhi psikis.

Tidak sesuai dengan nilai-nilai agama

Meski terdapat pesan moral di dalam film yang secara implisit tersirat akan tetapi tetap saja guys penyimpangan seksual apapun jenisnya tidak dibenarkan oleh ajaran agama. Apalagi di Kota Depok sendiri yang terkenal religius, konten-konten serupa sangat dilarang demi kepentingan kemahslahatan umat dan masyarakat. Tatanan sosial sering juga menjadi pertimbangan dalam menyikapi hal semacam ini sehingga masa depan suatu kota tetap terjaga dari penyimpangan ajaran agama.

Bukan merupakan konsumsi anak di bawah 18 tahun

Mungkin seperti klise namun kenyataannya Pemkot Depok memiliki berbagai peraturan daerah ketat mengenai hal semacam ini. Tengok saja perda tentang aturan jam operasioanl tempat usaha (seperti, restoran, mall, dan tempat nongkrong), perda tentang minuman beralkohol, serta yang terbaru perda tentang rokok yang kesemuanya merupakan perwujudan melindungi warganya dari paparan negatif sisi hedonis sistem sosial yang sewaktu-waktu mengancam.

Kini ketika dihadapi oleh jadwal penayangan film yang berisi beberapa adegan penyimpangan seksual sudah seyogyanya pemkot mengeluarkan himbauan penolakan untuk menyikapi hal tersebut. Apa yang dilakukan adalah tindakan pencegahan agar film Kucumbu Tubuh Indahku tidak dikonsumsi para remaja di bawah 18 tahun. Karena adegan-adegan di dalam film bisa saja dibenarkan oleh mereka. Di samping itu juga generasi muda sekarang penuh dengan rasa ingin tahu. Nah rasa ingin tahu inilah yang memungkinkan dibelokan oleh pemahaman yang salah dalam mengartikan penyimpangan seksual dalam film.

So, overall guys film yang mengangkat kisah penari lengger tersebut sebetulnya layak ditonton bagi mereka yang telah dewasa baik secara angka maupun pemikiran. Seperti yang kita tahu guys film inipun banyak menuai penghargaan dan pujian diluar negeri karena mengangat tema sosial budaya.

Nah, kalo kamu udah nonton belum filmnya guys?

Klik untuk Sumber Foto




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *