kopi tuli

Menikmati Racikan Kopi Teman Tuli di KOPTUL Cinere Depok

20

DEPOK- Seiring dengan popularitas kopi yang sedang meroket beberapa tahun ini, bisnis kedai kopi mulai menjamur di beberapa kota besar di Indonesia, salah satunya di Depok.

Di Depok ada sebuah kedai kopi yang unik karena semua baristanya memiliki keterbatasan pendengaran atau tuli. Kedai kopi ini bernama Kafe KOPTUL yang merupakan singkatan dari “Kopi Tuli”.

KOPTUL didirikan oleh 3 teman tuli yaitu Adhika Prakoso, Tri Erwinsyah Putra dan Sampaghita Trisnawinny Santoso. Bermula ketika ketiganya sulit melamar pekerjaan dan ditolak berbagai perusahan karena alasan tuli.

Adhika yang merupakan penikmat kopi berinisiatif menghubungi Putri dan Erwin untuk membangun bisnis kopi bersama serta memberdayakan teman tuli mereka.

“Kenapa Kopi Tuli karena kafe ini dibangun oleh teman tuli. Kenapa pilih kopi karena kopi itu media komunikasi jadi banyak orang yang suka minum kopi sambil ngobrol (interaksi) jadi kopi tuli punya identitas. Identitas itu bahasa isyarat sebagai komunikasi teman tuli” ujar Adhika.

Jadi, selain menikmati seduhan kopi, di kafe ini juga pengunjung bisa mempelajari bahasa isyarat.  Buat kamu yang belum bisa bahasa isyarat jangan khawatir, karena kafe ini juga menyediakan tablet yang bisa digunakan untuk alternatif berkomunikasi di sini.

Kafe ini dibuka pertama kali pada Mei 2018 lalu, hingga saat ini kafe koptul sudah memiliki 2 cabang, yaitu di Depok dan Jakarta.

KOPTUL cabang Depok beralamat di Jl. Krukut Raya no.70, Cinere, Depok dan KOPTUL Cabang Jakarta beralamat di Kindo Square A9, Duren Tiga, Jakarta Selatan. Sampai saat ini KOPTUL sudah mempekerjakan 10 penyandang tuli.

KOPTUL memiliki 3 kopi andalan, yaitu Kosu Wings, Kosu Siput dan Kosu Koso, ketiganya merupakan racikan dari ketiga owner kafe KOPTUL yang memiliki filosofi masing-masing.

Kosu WINGS (Kopi Susu racikan khas Erwin) menceritakan sebuah karakter kopi yang lembut, easy going dan friendly. Kosu SIPUT (Kopi Susu racikan khas Si Putri) merupakan kopi susu dengan campuran buah alpukat menceritakan sebuah karakter yang bervariasi, meriah dan ceria. Kosu KOSO (Kopi Susu racikan khas Adhika) menceritakan sebuah karakter yang strong, tegas, tapi tetap luwes.

Harga yang ditawarkan untuk mendapatkan segelas kopi susu KOPTUL terbilang cukup murah dari harga Rp.15.000 – Rp.20.000. Tertarik mencobanya, Depokers?




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lebih Tahu Depok