Workshop Kolaboratif Bersama Henryette Lousie di Galeri Kertas Depok

23

DEPOK- Seniman Henryette Louise membuka kesempatan kolaborasi dengan seniman lintas disiplin dengan “Konsepnya Open Studio. Ia membuat Galeri Kertas Studiohanafi, selama lebih kurang sebulan, sebagai studio kerja. Di studio tersebut ia akan menerima partisipan yang berminat untuk berproses bersama, merangkum ide bersama, dan membuat suatu karya bersama-sama.

“Jadi, konsepnya terbuka, setiap partisipan bisa datang dan pergi selama durasi workshop. Orang-orang juga boleh datang untuk melihat kami berproses,” ujar Louise.

Kurator Galeri Kertas, Heru Joni Putra, mengatakan program “Open Studio/Full Time Artist” ini menggabungkan proses dan pameran.

“Semua partisipan berproses sekaligus berpameran di saat yang sama. Mereka memamerkan proses sekaligus seiring berjalan waktu memamerkan karya-karya yang muncul dari proses tersebut.”

Bagi partisipan yang tidak mempunyai latar belakang seni, setidaknya, program ini menjadi ruang untuk mempelajari bagaimana seniman bekerja melalui metode yang dijalanan Henryette Louise. Dan bagi partisipan yang berasal dari latar belakang seni, setidaknya, program ini bisa menjadi ruang dialog dan uji coba kerja-kerja kolaborasi.

Henryette Louise dikenal sebagai seniman yang gemar memanfaatkan benda tak terpakai. Dalam konteks kerja penciptaannya, sebuah benda loak tidak hanya sebatas mendapatkan bentuk baru, tetapi juga fungsi dan makna baru. Louise menyebut modus penciptaannya sebagai “re-use” atawa penggunaan kembali. Ia tidak menggunakan kata “re-cycle” atau daur-ulang.

Ada perbedaan mendasar antara “re-use” dan “re-cycle” dalam konteks ini. Dalam daur ulang, material bisa saja kehilangan sejarahnya. Ketika sebuah benda didaur ulang hingga menjadi material mentah, maka cenderung saat itu makna-makna sosio-kultural dari benda tersebut lenyap, kehilangan “nyawa” awalnya.

Lain halnya bila yang dilakukan adalah “re-use”. Sebuah benda yang digunakan kembali, dengan fungsi dan makna baru, tak akan hilang “nyawa” benda tersebut sepenuhnya. Selama benda tersebut masih mengandung bentuk awalnya, maka selama itu masih terikat dengan sejarah serta nilai sosial-kulturalnya.

Dengan kata lain, kerja “re-use” adalah kerja untuk “bermain-main” dengan bentuk awal serta makna lumrah pada sebuah benda, untuk kemudian diperluas, dikembangkan, atau dibenturkan dengan makna-makna baru

Dok: Galeri Kertas

Tentang Galeri Kertas

Galerikertas merupakan ruang pameran untuk karya seni visual dan seni rupa yang menggunakan kertas, baik sebagai media, material, atau apapun kemungkinan penciptaan lainnya.

Maka, karya-karya yang bisa dihadirkan di galerikertas mulai dari sketsa, desain komunikasi visual, rancang bangunan, bahkan komposisi not musik, sampul buku, hingga karya tiga dimensi serupa instalasi, patung, topeng, serta segala kemungkinan penciptaan seni visual dan seni rupa yang menggunakan kertas.

Galerikertas tak hendak berdiri di atas isu dikotomis seperti itu, melainkan mencoba mengambil peranan lain yang lebih kompleks melalui jalur dunia seni visual dan seni rupa. Sebagai contoh, dalam arena seni rupa kita, karya-karya yang dibuat di atas kertas cenderung dipandang sebagai karya uji coba sebelum masuk ke kanvas.

Sketsa di atas kertas, misalnya, seakan-akan tak lebih berguna dari tumpukan kertas lain yang menunggu hari untuk digunakan dengan berbeda; ia seakan hanya tempat menumpang gagasan sementara sebelum kanvas menerima gagasan tersebut sebagai karya yang diperhitungkan. Sesungguhnya, karya di atas kertas seperti sketsa, sangat pantas diposisikan sebagai karya utuh tanpa harus dianggap sebagai versi “uji coba” dari karya kanvas.

Workshop Kolaboratif
OPEN STUDIO/FULL TIME ARTIST
Bersama Henryette Louise

Pemetaan Awal
07 Oktober 2019 | Pkl. 03.00 WIB
Galerikertas-Studiohanafi
Jl. Raya Cinere. Gang Manggis No. 72
Kp. Parung Bingung Kel. Rangkapan Jaya Baru – Depok

Bersama:
Heru Joni Putra dan Henryette Louise

Pelaksaan Workshop Kolaboratif
8 – 23 Oktober 2019 |

Penutupan Workshop dan Pameran Hasil Workshop
24 Oktober 2019 |

Narahubung:
Hilda 085695949194

| e-mail: kontakgalerikertas@gmail.com atau studio.hanafi72@gmail.com
Website: www.studiohanafi.com
IG: @galerikertas_art | FB: @Galerikertas




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

depok24jam