lrt jabodebek

Pemkot Depok Ingin LRT Bisa Diakses di Pondok Cina Hingga Cinere

118

DEPOK- Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna berharap proyek nasional Light Rail Transit (LRT) bisa juga dioperasikan di Depok seiring kebutuhan warga terhadap transportasi masal tersebut cukup mendesak.

Untuk sementara ini, kata dia LRT dipastikan hanya sekedar lewat saja di Kota Depok. Padahal, dia berharap bisa menjangkau wilayah strategis, seperti pusat bisnis Jalan Margonda, sekolah, hingga titik-titik rawan kemacetan.

“Sementara, kita hanya terlewati saja yang kami inginkan LRT masuk realisasi wilayah Depok terutama jalur lintas Jagorawi,” ucap Pradi saat dihubungi, Rabu 23 Oktober 2019.

Ke depan, kata dia LRT maupun MRT sangat dibutuhkan oleh masyarakat melihat mobilisasi para pekerja yang berasal dari Depok ke Jakarta cukup besar. Sementara itu, semakin hari pengguna commuter line makin membludak terutama di pagi hari.

“Selain itu, yang menjadi pertimbangan juga puluhan ribu mahasiswa UI, dan kedatangan mahasiswa S2, S3 dari mancanegara saat Universitas Islam Internasional dibuka nanti. Ini semua butuh moda transportasi yang disiapkan,” katanya.

Pradi menjelaskan, pembahasan mengenai kebutuhan akan LRT juga terus digelorakan, dalam rapat terbatas antara Pemerintah Kota Depok dan Kementerian Perhubungan.

“Kami katakan sangat menginginkan alternatif angkutan yang visible dan representatif dengan memperhatikan segi kenyamanan bagi masyarakat Depok,” tegasnya.

Apabila digambarkan, jalur LRT yang bisa dibangun di Depok yaitu dengan memanfaatkan jalur Lintasan Jagorawi yang diteruskan ke Pondok Cina, Universitas Indonesia yang tembus ke wilayah Limo Cinere dan berakhir di Jalan Simatupang Jakarta Selatan.

Selain itu, pihaknya juga masih berupaya memaksimalkan alternatif moda transportasi lainnya. Sehingga, kedepan kepadatan lalu lintas terpecah.

“Ya, misalkan kami ingin mengganti mini bus menjadi Trans Depok. Namun, memang kita masih terganjal dengan sarana dan prasarana terutama ruas jalan yang sempit,” pungkasnya.

Seperti diketahui, saat ini terdapat Stasiun LRT di wilayah Kota Depok terpatnya Harjamukti. Stasiun ini menjadi Depo sementara LRT Jabodebek atau perhentian terakhir Cawang – Cibubur.

Saat ini juga sedang tahap pengkajian LRT akan melintasi wilayah koridor Harjamukti – Pondok Cina yang visibility-nya sedang disusun.

Baca Juga: 4 Upaya Pemerintah Tekan Kemacetan Jalan Margonda




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

depok24jam