kuliner khas depok

5 Kuliner ‘Aneh’ Khas Depok yang Wajib Dicoba

17

DEPOK- Membicarakan Kota Depok memang gak ada habisnya. Sebagian orang kalau mendengar nama Depok pasti langsung terbersit dengan permasalahan yang ada seperti macet, begal, gangster, tawuran hingga pencurian.

Tapi jangan salah, meski Depok dikenal sebagai kota seribu masalah, ternyata kuliner di Depok juga punya keunikan tersendiri. Mungkin sebagian dari kita sepakat bahwa Depok merupakan salah satu kota yang memiliki wisata kuliner beragam dan banyak diburu orang.

Di Jalan Margonda misalnya. Ah udah biasa. Udah banyak banget kuliner di jalan itumah. Tapi tahu gak guys, ternyata Depok juga punya banyak kuliner ‘aneh’ yang justru jadi hits dan laku keras dikunjungi orang. Penasaran apa saja kuliner tersebut? Kuy!

Bakso Comberan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Belanga.id | Media Kuliner (@belanga.id) on

Cung, siapa yang baru dengar nama Bakso Comberan? Terkesan aneh ya, tapi siapa sangka Bakso Comberan ini sudah buka sejak tahun 1995. Yang khas dari bakso ini adalah kuahnya mirip dengan kuah rawon yang berwarna hitam.

Bakso Comberan ini berada di antara Jalan Ridwan Rais, Jalan Walet dan Jalan Lengkeng atau tepatnya dekat pintu masuk UI – Politeknik Negeri Jakarta. Warungnya memang tidak diberi nama, tapi masyarakat sudah mengenal dengan sebutan bakso Pak Bewok.

Kedai bakso ini biasanya buka dari jam 10:00 – 20:00 WIB. Untuk harganya seporsi Rp15.000.

Perkedel Bakar

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Jendela Dapur (@jendeladapur) on

Selanjutnya nih, ada perkedel bakar. Ada yang udah ngerasain perkedel bakar? Biasanya perkedel itu identik digoreng, lah ini kenapa bisa sampai dibakar ya. Nah, jadi gini warga Depok, sebenernya resep perkedel bakar sendiri sama seperti pada umumnya menggunakan bahan utama kentang. Yang membedakan sendiri perkedel bakar ini menggunakan cengkeh dan lada. Sehingga aromanya mempunyai ciri khas sendiri. Untuk bahannya selain kentang yang ditumbuk kemudian diisi oleh daging kemudian dipanggang.

Selain cengkeh dan lada, perkedel ini juga menggunakan susu sebagai pembeda dari perkedel kentang lainnya. Yang pastinya nih rasanya lebih gurih dan berpadu tepat antara kelembutan kental dan daging sapi cincang. Unik bukan guys?

Nah biasanya perkedel bakar disajikan di acara tertentu di sekretariat Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein di Jalan Pemuda Nomor 27, Depok terutama saat Ulang Tahun Kota Depok.

Es Pocong

Doc: gotravelly

Jika Kabupaten Purwakarta punya es ciming, maka Depok juga punya es pocong. Warga Depok udah pernah denger apa itu es pocong? Bukan berarti es pocong ini yang dibuat oleh hantu pocong ya. Nah, untuk satu mangkuknya itu terdiri dari potongan buah pisang, mocha dan bubur sum-sum. Kemudian nih, ditambahkan dengan sirup dan juga susu soda. Sangat segar bukan guys?

Buat kalian yang penasaran bisa datang langsung aja ke Jalan Margonda Raya No 476, Pondok Cina, Beji, Kota Depok, Jawa Barat. Tempatnya juga sangat strategis berada di pinggir jalan utama. Tidak jauh dari gapura “Selamat Datang di Kota Depok”. Warung ini buka dari jam 12:00 – 22:00 WIB. Harganya Rp20.000.

Peyek Gale

Doc: rempeyekdepokgale

Nah, Depok juga punya peyek gale. Penyek sendiri terbuat dari tepung beras yang dicampur air dan diberi bumbu seperti bawang putih dan juga garam. Peyek juga biasanya memiliki isian seperti kacang hingga ikan asin teri.

Nah, kalau kalian mau nyobain bisa datang langsung ke Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok. atau bisa beli di online. Untuk harganya sendiri sebungkusnya itu Rp20.000 kalau di online guys.

Dodol Belimbing

Doc: detikfood

Bukan Garut aja loh yang punya dodol, Depok pun juga punya dodol. Udah gak asing banget lah ya dengan makanan ini. Nah, ternyata nih belimbing sendiri sudah menjadi ikon Kota Depok sejak tahun 2007. Depok juga dikenal sebagai penghasil dan memiliki petani yang membudidayakan buah belimbing guys.

Untuk memanfaatkan buah belimbing untuk digunakan sebagai bahan utama dari dodol ini. Dalam proses pembuatannya hampir sama dengan dodol Betawi pada umumnya. Dengan bahan baku berupa belimbing, tepung beras, santan kelapa dan gula pasir. Rasanya pun legit dengan sensasi sedikit asam yang berasal dari belimbing.

Dodol ini bisa kamu dapatkan di beberapa tempat oleh-oleh yang berada di kawasan Margonda hingga Cinere. Kamu bisa datang ke Blok A No 3 Pesona Gaharu, Jl. Bungsan, Bedahan, Kec. Sawangan, Kota Depok. Toko buka Senin-Jumat jam 06:00-21:00 WIB. Khusus hari Sabtu-Minggu jam 06:00-22:00 WIB. Untuk harganya berkisar antara Rp20.000 hingga Rp25.000 per box.

Nah, itulah lima kuliner ‘aneh’ khas Depok yang wajib kamu cicipi. Kuy serbu sebelum kehabisan. (*)

Sumber Gambar




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

depok24jam