smpn 20 depok

Dinas Kesehatan Depok Sebut Kasus Hepatitis A di SMPN 20 Luar Biasa

16

DEPOK- Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita menuturkan, kejadian terserangnya puluhan siswa di SMPN 20 oleh virus Hepatitis A termasuk dalam kategori Kejadian Luar Biasa (KLB)

“Ya, ini masuk dalam KLB tapi tergolong parsial atau masih dalam lingkungan sekolah saja,” ucap Novarita, Rabu 20 November 2019.

Berdasarkan data yang diperolehnya, ada sekitar 70 siswa diduga terjangkit penyakit tersebut. Hal itu dibuktikan setelah pihaknya melakukan identifikasi langsung ke SMPN 20, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok pada Selasa 19 November 2019 kemarin.

“Itu yang terdeteksi, setelah kita melakukan pemeriksaan dan sampling darah siswa. Memang, kemungkinan besar mereka terjangkit Hepatitis A,” bebernya.

Novarita menduga, penyakit tersebut cepat menjalar lantaran kurangnya penerapan pola hidup sehat di lingkungan sekolah. Pasalnya, virus akan cepat menyebar ketika seseorang menjamah makanan dalam kondisi tangan yang kotor.

“Atau bisa juga karena makanan yang kurang baik, oleh sebab itu masalah Pola Hidup Bersih Sehat (PHBS) sangat penting. Seperti cuci tangan sebelum makan, jangan makan sembarangan,” tegasnya.

Selain itu, PHBS juga harus diterapkan di lingkungan luar sekolah. Penerapan, kedisiplinan kesehatan agar tidak terjangkit oenyakit salah satunya membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum makan.

“Cuci pakai sabun, dan jangan asal memegang makanan apapun dan dimanapun,” katanya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 20 Depok, Komar Suparman menegaskan wabah penyakit di lingkungan sekolah tersebut adalah sebuah ujian. Pihaknya, terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan.

Namun meski banyak siswa yang tidak bisa masuk sekolah (absen) dengan alasan sakit, pihaknya tetap menggelar proses belajar mengajar.

“Kita tidak mengistirahatkan anak – anak bagi yang masih dianggap masih sehat, dianjurkan tetap sekolah. karena kami belum punya kewenangan untuk meliburkan mereka,” pungkasnya. (*)

Sumber Gambar




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

depok24jam