Akhirnya 9 Rumah Sakit di Depok Sediakan Serum Anti Bisa Ular

13

DEPOK- Kabar baik, akhirnya terdapat sembilan rumah sakit di Depok yang telah menyediakan serum anti bisa ular. Belakangan ini tak sedikit warga Depok yang terpatuk ular kobra harus dilarikan ke rumah sakit di luar Depok.

Namun, ada juga rumah sakit yakni Rumah Sakit Universitas Indonesia dan RSUD Kota Depok yang telah menyediakan serum anti bisa ular. Dan saat ini semakin banyak rumah sakit yang menyediakan. Bahkan korban patukan ular bisa dicover BPJS.

“Baru dapat hari ini datanya. Dan ini dicover oleh BPJS ya. Kalau ular liar dicover BPJS, tapi kalau ular peliharaan itu nggak, karena kan itu dia bermain dengan hal-hal yang berisiko. Kalau nggak kenapa-kenapa terus dicover BPJS,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita seperti dilaporkan detikcom, Kamis (19/12/2019).

Hanya saja, kata Novarita, korban yang dicover BPJS adalah yang dipatuk ular liar. Ini tidak berlaku bagi korban patukan ular peliharaan. Adapun sembilan rumah sakit di Depok yang menyediakan serum anti bisa ular antara lain sebagai berikut.

1. RSUD Kota Depok

RSUD Kota Depok menyediakan serum anti bisa ular sebanyak 30 vial atau botol khusus medias. RSUD Kota Depok tercatat paling banyak menyediakan serum tersebut.

Alamat: Jl. Raya Muchtar No.99, Sawangan Lama, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat 16511

2. RSU Hasanah Graha Afiah

Serum di rumah sakit yang berdiri sejak 2003 ini hanya tersedia satu vial. Korban gigitan ular kobra yang berada di kawasan Sukmajaya bisa datang ke rumah sakit ini.

Alamat: Jalan Raden Saleh No.42 Kelurahan Sukmajaya, kecamatan Sukmajaya, Kota Depok atau tepatnya kurang lebih 300 Meter dari Studio Alam TVRI.

3. RS Tugu Ibu

Rumah sakit ini berada di Jl. Raya Bogor Km. 29 Cimanggis – Depok, Jawa Barat berdiri sekitar 1982. Di rumah sakit ini juga tersedia serum anti bisa ular sebanyak satu vial.

4. RS Meilia

Di rumah sakit ini, tersedia dua vial serum anti bisa bagi korban patukan ular. Anda bisa langsung datang ke rumah sakit yang lokasinya berada di Jl Alternatif Transyogi Cibubur-Cileungsi KM 1. Di rumah sakit ini juga terdapat sekitar 67 dokter spesialis dan 11 dokter umum.

5. RS Sentra Medika

Serum di rumah sakit ini tersedia lima vial. Korban gigitan ular bisa langsung datang ke rumah sakit yang berada di Jl. Raya Bogor Km. 33 Cisalak – Depok.

6. RS Mitra Keluarga

Terdapat tiga vial serum yang disediakan RS Mitra Keluarga. Korban bisa langsung datang ke rumah sakit yang ada di Jl. Margonda Raya, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat 16424.

7. RSU Bhakti Yudha

Rumah sakit ini menyediakan dua vial serum bagi korban gigitan ular. Korban bisa langsung datang ke Jl. Raya Sawangan No.2, Pancoran MAS, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16436.

8. RS Universitas Indonesia

Selain RSUD Depok, serum paling banyak juga tersedia di RS Universitas Indonesia. Beberapa korban gigitan ular kobra sudah dirawat di rumah sakit ini. RS Universitas Indonesia beralamat di Jl. Prof Bahder Djohan, Kampus UI, Depok.

9. RS Citra Arafiq

Terakhir, rumah sakit yang menyediakan serum anti bisa ular adalah RS Citra Arafiq. Terdapat emapt vial serum bagi korban gigitan ular kobra. Korban bisa langsung datang ke Jl. Perindustrian No.53, Bakti Jaya, Kec. Sukmajaya, Kota Depok, Jawa Barat 16418.

Nah, itulah sembilan rumah sakit di Depok yang menyediakan serum anti bisa ular menurut datang Desember 2019. Harga serum per vial mencapai sekitar Rp500.000 hingga Rp900.000 dan bahkan bisa lebih.

Semoga, munculnya fenomena ular kobra di Depok segera berakhir, sehingga tidak ada lagi korban gigitan ular kobra di Depok. (*)

Sumber Gambar




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

depok24jam