Fakultas Ilmu Sosial UNJ Gelar Pelatihan Program Humas Pendidikan

16

DEPOK24JAM,- Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Jakarta melaksanakan program Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P2M) dengan tema Pelatihan Pembuatan Program Humas Pendidikan hari Sabtu lalu (9/10/2021).

Program ini dilakukan untuk ikut serta menyelenggarakan Tri Dharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat). Acara ini dilakukan secara online melalui Zoom Meetings dan dihadiri lebih dari 50 siswa-siswi SMA Negeri 91 Jakarta.

Dalam hal ini, Fakultas Ilmu Sosial turut mengundang tiga narasumber profesional yang berpengalaman di bidang kehumasan. Acara ini diselenggarakan begitu inspiratif dengan pemaparan menarik dari Heryanti Utami, MM.Par yang membahas Humas di Organisasi Pendidikan. Tak kalah dengan Heryanti, Wiratri Anindhita, SIP, M.Sc membahas tema yang sedang diminati banyak pemuda yakni Podcast sebagai Sarana Publikasi, dan Nugrahaeni Prananingrum, M.Si membahas Teknik Penulisan Kehumasan di Ruang Digital.

Beberapa poin penting yang telah disampaikan oleh para narasumber, untuk menjadi seorang humas, perlu untuk memperkenalkan dan memberikan informasi mengenai instansi, memberikan layanan kepada masyarakat, memiliki komunikasi dan tindakan yang dapat memersuasi atau mempengaruhi orang lain, yang tidak kalah penting juga harus memperbaiki penampilan lebih rapi.

“Jadi humas itu memberikan penerangan kepada masyarakat, melakukan persuasi untuk mengubah sikap dan perbuatan orang lain secara langsung,” ucap Heryanti dalam pembicaraannya.

Bidang kehumasan juga erat kaitannya dengan hal yang sedang ramai di kalangan masyarakat muda milenial dan generasi Z. Seperti yang disampaikan oleh Wiratri, dalam pembuatan podcast perlu adanya konsistensi untuk membuat konten yang menarik untuk didengarkan dan dinikmati khalayak.

Tak hanya menarik, konten yang disebarkan harus bermanfaat, pantas disebarkan, dan tidak menimbulkan keresahan. Dari semua itu, maka perlu adanya keterampilan dalam penulisan kehumasan. Penentuan judul yang tepat, isi yang berbobot dan menarik menjadi salah satu faktor suatu program kehumasan diminati oleh publik.

Dari penyampaian yang dilakukan ini, program kehumasan diberikan kepada siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk memberi pengetahuan penggunaan media sosial dalam humas bidang digital untuk diaplikasikan di organisasi pendidikan.

Untuk menjadi humas yang disenangi oleh banyak orang, terus berlatih dan terjun ke dunia kehumasan adalah kunci utamanya. (ADV)

Penulis: Mutia Khairunnisa




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

depok24jam