Virus Hepatitis A Serang Puluhan Siswa SMPN 20 Depok

DEPOK- Puluhan siswa SMPN 20, Pengasinan, Sawangan, Kota Depok, dikabarkan terserang Virus Hepatitis A. Mereka telah mendapatkan perawatan di beberapa rumah sakit.

Kepala Sekolah SMPN 20, Komar mengatakan personel Dinas Kesehatan diturunkan untuk mengambil sample darah siswa yang terindikasi terkena Hepatitis A.

“Sementara ini, sudah lebih 30 siswa yang dirawat di beberapa rumah sakit. Ada juga yang dirawat di rumah juga,” ucap Komar, Rabu 20 November 2019.

Dirinya menuturkan, masih menunggu arahan dari Dinas Kesehatan apakah harus mengeluarkan kebijakan meliburkan kegiatan belajar mengajar agar siswa lain tidak tertular.

“Kami usahakan, virus ini tidak menyebar luas. Kepada siswa yang tidak terjangkit, agar selalu waspada dan menjaga diri,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan sudah mengetahui apa yang terjadi di SMPN 20 itu. Pihaknya juga langsung melakukan pemeriksaan kepada sejumlah siswa yang terjangkit.

Selain itu, pihaknya juga melakukan pemeriksaan kepada sejumlah pedagang makanan yang ada di sekitar SMPN 20. Diduga, penyebab utama penyebaran Virus itu berasal dari makanan yang tercemar.

“Kami lakukan cek darah dan pemeriksaan anus kepada penderita. Hal itu dilakukan untuk mengetahui darimana virus itu berasal,” tegasnya.

Namun kata dia, untuk mengetahui hasilnya masih menunggu waktu sekitar dua minggu, sampai hasil sample darah siswa yang terjangkit keluar.

Nova juga menekankan pihaknya telah melakukan penyuluhan pola hidup sehat kepada seluruh sekolah yang ada di Kota Depok.

“Ayo jaga kebersihan, lakukan pola hidup sehat. Bagi anak-anak, jangan jajan sembarangan agar tidak terserang penyakit,” tandasnya.

Seperti dikutip dari Alodokter, Hepatitis A merupakan peradangan akibat infeksi yang mengganggu kerja organ hati dan mudah menular lewat makanan atau minuman yang terkontaminasi virus.

Adapun gejala Hepatitis A yang diderita korban antara lain mengalami warna kulit dan mata menjadi kuning dan sebelumnya mengalami mual, muntah, demam, lemas hingga warna urine jadi gelap dan pucat. (*)

Sumber Gambar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *