alun-alun kota depok

5 Hal yang Gak Boleh Kamu Lakuin di Alun-Alun Kota Depok

12

DEPOK- Akhirnya, Kota Depok resmi memiliki alun-alun. Ruang publik yang sudah lama dinantikan warganya. Pada Minggu, 12 Januari 2020, alun-alun diresmikan oleh hampir seluruh stake holder di Kota Depok mulai dari wali kota, petinggi DPRD, Polres hingga Dandim Depok. Ribuan warga pun antusias menyambut peresmian tersebut.

Depok boleh dibilang telat memiliki ruang publik seluas 3,9 hektar tersebut. Setelah selama ini pembangunan di Depok lebih menonjol di bidang properti, maka saatnya warga boleh bergembira dengan kehadiran alun-alun.

Namun, bukan berarti kamu boleh seenaknya menikmati alun-alun sesuka hati. Sebagai warga, kamu wajib menjaga ruang publik agar bisa dinikmati juga oleh orang lain. Nah, berikut ini kami rangkum beberapa hal yang gak boleh dilakukan di alun-alun Depok.

1. Merusak fasilitas

Warga Depok boleh bangga dan gembira dengan peresmian alun-alun pada Minggu, 12 Januari 2020. Namun, ada juga yang menyayangkan bahwa belum sehari alun-alun Depok diresmikan banyak fasilitas yang rusak akibat ulah manusia baik disengaja atau pun tidak.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MEMANTAU KOTA DEPOK 24 JAM (@depok24jam) on

Misalnya, ramai dibicarakan di Instagram @depok24jam. Salah satu plang huruf Kota Depok di area alun-alun rusak akibat ulah pengunjung yang ingin selfie di area tersebut.

Nah, buat kamu gais semoga peristiwa ini bisa menjadi pelajaran. Semoga ke depan warga yang datang ke alun-alun bisa menjaga fasilitas.

2. Buang sampah sembarangan

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MEMANTAU KOTA DEPOK 24 JAM (@depok24jam) on

Hal paling menjengkelkan berada di ruang publik adalah mendapati sampah berserakan di mana-mana. Padahal telah tersedia tempat sampah di hampir setiap pojokan.

Ayo dong buat kamu yang pengen datang ke alun-alun Depok harus sudah tanggung jawab dan sar untuk membuang sampah pada tempatnya.

3. Mengganggu ketertiban

Beragam fasilitas di alun-alun Depok yang masih baru memang bikin betah digunakan. Termasuk beberapa spot yang asik buat ngumpul bersama teman-teman.

Tapi buat kamu yang berkunjung ke alun-alun, please atuh lah jangan pernah bikin orang merasa terganggu ya. Misalnya kamu yang punya si dia bisa seenaknya pacaran di muka umum sambil bermesraan. Uh jangan dong.

Selain itu, jangan pernah memanfaatkan spot alun-alun untuk hura-hura sambil mabuk-mabukan, nenggak miras, nyimeng dan lain-lain. Jangan ya.

4. Nyolong hingga esek-esek

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MEMANTAU KOTA DEPOK 24 JAM (@depok24jam) on

Alun-alun diperuntukan sebagai ruang publik. Jangan sampai kamu jadikan sebagai ruang kejahatan yang bisa merugikan orang lain.

Misalnya dijadikan tempat buat nyopet, tawuran hingga perbuatan amoral. Wah jangan deh. Kalau sampai berani ngelakuin tidak kriminal, urusannya pasti dengan polisi.

5. Parkir sembarangan

Saking antusiasnya pengen tau seperti apa penampakan alun-alun Depok, kamu sampai lupa parkir kendaraan. Eits, ingat ya jangan sampai parkir sembarangan. Selain bisa menyusahkan orang lain, parkir sembarangan juga bisa merugikan diri sendiri. Bisa-bisa kendaraan kamu digondol orang.

Usahakan cari parkir di tempat aman dan nyaman. Usahakan juga kamu bayar parkir resmi biar bisa masuk kas daerah.

Apa saja fasilitas alun-alun Kota Depok?

Nah buat kamu yang penasaran apa saja fasilitas yang ada di alun-alun, kamu bisa langsung datang aja ke lokasi. Tapi sebagai bocoran, beberapa fasilitas yang ada antara lain lapangan futsal, lapangan basket, jalur sepeda BMX, outdoor gym, arena skateboard, menara pandang, bike shelter, co-working space, bus shelter, jembatan utama, kolam retensi dan dermaga, greenhouse and signage.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati beberapa fasilitas menarik taman lansia, taman anak-anak, gedung pendopo, galeri, dinding mural, taman sculpture dan amphitheater. (*)

Sumber Gambar




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

depok24jam