Ada Potensi Banjir Susulan, BPBD Minta Masyarakat Waspada

banjir di depok

DEPOK24JAM, – BPBD Kota Depok meminta masyarakat tetap waspada dengan kemungkinan adanya potensi banjir susulan.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan, prakiraan cuaca di Kecamatan Sawangan, Kota Depok, hujan dengan intensitas ringan hingga hujan petir masih berpeluang terjadi pada hari ini.

“Pemerintah daerah dan masyarakat perlu mewaspadai adanya bahaya banjir susulan,” ungkap Abdul Muhari dikutip dari Republika, Jumat 18 Februari 2022.

Tercatat, di Kelurahan Sawangan yang sempat tergenang banjir tercatat 53 KK atau 199 warga terdampak banjir di wilayahnya.

Namun, diketahui tidak ada warga yang mengungsi atau pun mengalami luka-luka akibat insiden ini.

“Kota Depok mengalami banjir setelah hujan lebat mengguyur wilayah itu pada hari Rabu (16/2), sekitar pukul 23.00 WIB. Ketinggian sempat tercatat di beberapa titik hingga 130 cm,” tuturnya.

Menghadapi bahaya hidrometeorologi basah di puncak musim hujan ini, BPBD Kota Depok bersama dengan TNI, Polri, PMI dan unsur terkait menyiagakan personel untuk mengantisipasi potensi banjir susulan.

BPBD Kota Depok pun telah berkoordinasi dengan pihak kelurahan untuk upaya kesiapsiagaan apabila terjadi evakuasi atau pun pengungsian sementara.

Melihat kajian inaRISK, Kota Depok memiliki 11 kecamatan yang memiliki potensi bahaya banjir dengan kategori sedang hingga tinggi. Kelurahan Sawangan merupakan salah satu dari 11 wilayah tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *