Jangan Dianggap Remeh, Ini Kelebihan Sekolah SMK

24

Tahun ajaran baru sekolah khususnya tingkat menengah atas sudah dimulai. Apakah kamu memilih sekolah di SMU atau sekolah SMK? Di mana pun sekolahnya, yang penting kamu mendapatkan banyak ilmu bagi bekal masa depan.

Seperti kita ketahui jenjang sekolah di Indonesia terbagi dalam beberapa tingkatan. Untuk yang lulus dari sekolah dasar dapat lanjut ke sekolah menengah pertama (SMP). Demikian juga ketika kamu lulus dari SMP, pasti kamu punya pilihan mau masuk SMU atau sekolah SMK.

Meskipun tak jarang sebagian orang ada yang menganggap keberadaan sekolah SMK tidak terlalu penting. Apa benar begitu? Yuk simak apa saja kelebihan dari sekolah SMK.

Sekolah SMK belajar sesuai dengan keahlian

Pada tahap inilah dimana pastinya kamu bingung untuk menentukan pilihan. Sebaiknya pilih jurusan yang kamu inginkan atau yang sama dengan hobi. Umpamanya hobi masak, maka kamu bisa tuh masuk jurusan yang namanya tata boga. Nantinya kamu diajarkan bagaimana cara masak yang benar dan membuat masakan yang enak.

Lulusan sekolah SMK cepat dapat kerja

Nah, yang ini sangat penting sekali bukan? Buat kamu mungkin memilih SMK agar cepat dapat kerja. Sebab lulusan SMK lebih sudah mengenal dunia pekerjaan dari praktik lapangan yang dilakukan.

Praktik kerja lapangan lulusan sekolah SMK

Jika kamu sudah duduk di bangku kelas sebelas, ada hal yang ditunggu-tunggu lho. Yaitu praktik kerja lapangan (PKL). Tak perlu takut sama PKL yang justru menjadi hal yang menantang bagi kamu yang ingin terjun ke dunia kerja.

Praktik kerja lapangan menjadi hal pembeda dari SMA. Jika biasanya di SMA kamu hanya merasakan yang namanya belajar saja di sekolah. Tetapi jika di SMK kamu bisa merasakan yang namanya belajar kerja di suatu perusahaan. Sebagian dari pihak sekolah memilihkan muridnya tempat PKL. Tapi sebaliknya ada juga murid yang disuruh terjun untuk melamar praktik kerja lapangan ke sebuah perusahaan.

Lulusan SMK bisa buka usaha sendiri

Selain mudah mendapatkan pekerjaan, lulusan SMK juga punya peluang membuka usaha sendiri. Keahlian yang kamu dapat selama belajar akan lebih mudah tersalurkan menjadi peluang bisnis yang menggiurkan. Misalkan kamu lulusan multimedia, untuk membuka usaha di bidang tersebut peluangnya cukup besar. Contoh lain adalah usaha jasa printing, photografer, video, dan masih banyak.

Nah kamu lebih memilih sekolah di SMU atau di SMK? Pastinya kamu sudah tak bingung lagi bukan memilih SMA ataupun SMK. Bukan sekolah dimananya, tetapi dari kamulah yang mengontrol diri untuk menjadi yang terbaik.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lebih Tahu Depok