komunitas di depok

36 Komunitas di Depok Aksi Peduli Korban Kebakaran Hutan

36

DEPOK- Bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan dan Sumatera. Asap yang ditimbulkan sangat mengganggu kehidupan masyarakat setempat dan banyak memakan korban jiwa. Bahkan, gangguan asap juga dirasakan hingga negeri tetangga.

Kejadian di Kalimantan dan Sumatera tersebut menyentuh beberapa warga Depok. Berbagai macam komunitas lintas minat di Depok menggelar aksi bertajuk Komunitas Depok #MelawanAsap pada Sabtu, 21 September 2019 untuk menggalang dana yang ditujukan untuk meringankan warga terdampak asap karhutla.

Selain penggalangan dana, terdapat pula kegiatan lainnya, antara lain live akustik, baca puisi, street parkour, street yoyo, dan freestyle basket. Aksi berlangsung sejak 16.00 pukul hingga 18.00 di lampu merah Juanda, dekat pintu tol Cisalak.

“Kita bikin aksi jam segitu udah koordinasi sama macam-macam pihak, seperti polisi dan pengamen. Mereka udah paham sama aksi kita. Kitanya juga ga enak kelamaan aksi soalnya ganggu kerja pengamen juga,” tutur Takil selaku penanggung jawab aksi.

Aksi ini merupakan yang ke 7 kalinya diadakan oleh Komunitas Depok Peduli Bencana. Komunitas ini merupakan gabungan dari berbagai komunitas yang ada di Depok dan hanya bergiat ketika telah terjadi bencana.

Menurut Thakil, ada 36 komunitas yang konfirmasi mengikuti aksi. Sekitar 150-an orang datang meramaikan aksi penggalangan dana ini dan turut beratraksi sesuai dengan keahliannya.

“Total ada 36 komunitas yang konfirmasi ikutan aksi ini. Kira-kira sekitar 150-an orang lah yang dateng kalo sesuai data di absensinya,” ungkapnya.

Aksi ke-7 ini juga merupakan yang paling ramai dari segi jumlah partisipan dibanding aksi- aksi yang terdahulu. “Di aksi yang ke 7 ini sih yang paling ramai. Ini menandakan meningkatnya kepedulian warga Depok terhadap bencana nasional,” pungkasnya.

Bagi warga Depok yang ingin turut serta berdonasi, bisa transfer ke nomor rekening 715-083-2882, bank BCA a.n. Alfia Citra atau 157-000-356-319-5, bank Mandiri a.n. Wahyu Adi P. Batas terakhir transfer adalah Senin, 23-9-2019 pukul 16.00 WIB.

Info lebih lanjut hubungi Nuy: 081287002920 atau Thakil: 08561502350




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

depok24jam