Di Carsome Indonesia, Wanita Juga Bisa Beli Mobil Lho

76

Sungguh beruntungnya kita yang menjalani hidup di era digital sekarang ini. Tentunya dengan akses dan pemikiran yang semakin terbuka. Dan yang nggak kalah penting adalah penggunaan yang bijak. Soalnya, kalau nggak bijak bisa berujung nggak beruntung. Paham, kan?

Rasanya nggak akan ada yang menyangkal kalau berbagai jenis kebutuhan bisa dipenuhi dengan praktis dan mudah di zaman ini. Ada berbagai marketplace, online shop, dan e-commerce yang menghemat waktu kita untuk melakukan transaksi penjualan dan pembelian.

Bukan hanya pembeli, bermacam online platform itu juga menguntungkan banget bagi para penjual. Mereka cukup mendaftar, memasang foto beserta harga dan deskripsi produknya. Lalu mereka merespon calon pembeli yang berminat untuk dilanjutkan ke proses transaksi.

Khusus buat para wanita, menjual barang seperti pakaian, aksesoris, perabotan rumah sudah hal biasa, kan? Bahkan sudah lancar banget menggambarkan kualitas produk-produk tersebut dengan harga terbaik. Bagaimana dengan proses menjual mobil? Apakah harus menguasai pengetahuan otomotif dulu baru bisa menjualnya? Bagaimana cara mendapatkan harga terbaik?

Saya bersyukur banget diberi kesempatan untuk hadir di acara satu ini. Acara yang membuka pemikiran dan pemahaman kita, khususnya wanita, soal jual beli mobil. Workshop bertema “Wanita Juga Bisa Pegang Kendali” dengan menekankan bahwa sudah waktunya kaum wanita terlibat dalam pengambilan keputusan urusan otomotif ini diadakan pada hari Sabtu, 20 Juli 2019, pukul 12.00 sampai 15.00 di 2madison Café Kemang.

Narasumber yang dihadirkan keren dan jelas banget dalam membagikan informasi dan pengalaman mereka di dunia jual beli mobil. Bukan hanya itu, guys! Mereka juga membagikan tips jitu buat kita, para wanita yang kepengin banget menjual mobil, supaya nggak rugi dan tertipu.

Acara diskusi komunitas ini diadakan oleh Carsome, platform jual mobil online terkemuka di Indonesia. Tiga pembicara hebat yang dihadirkan diantaranya Marketing Manager Carsome Maria Fransisca, Penulis dan Founder Komunitas ISB Ani Berta, dan Aktor Christian Sugiono. Hadir pula sebagai tamu undangan, para komunitas wanita seperti Orami Indonesia Community, BloggerCrony Community, Bright Women Community, Female Digest Community, dan Indonesian Social Blogpreneur Community.

Pentingnya mobil pribadi bagi wanita modern dengan mobilitas tinggi

Menurut seorang pendiri Komunitas Indonesian Social Blogpreneur Community dan Content Creator, Ani Berta, wanita modern saat ini sudah memiliki banyak sekali kesempatan. Tinggal seberapa besar kemauan kita untuk mengambil posisi-posisi strategis diantara kesempatan yang bertebaran. Misalnya posisi sebagai content writer otomotif, sekarang bukan hanya laki—laki, wanita pun bisa. Apalagi dengan adanya portal otomotif yang semakin menjamur.

Serta banyak juga event yang meliput para influencer dan blogger. Teh Ani mengajak para wanita untuk semangat memperoleh kesempatan itu. Wanita harus memiliki pengetahuan otomotif walaupun hanya sedikit. Dengan begitu, wanita tidak akan dirugikan oleh oknum personil otomotif jika terjadi kerusakan pada mobil. Sungguh sangat disayangkan seandainya kita harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar hanya karena mobil mogok.

Kerusakan yang sebenarnya kecil bisa dibesar-besarkan oleh oknum tersebut. Mobil pribadi penting bagi para wanita dengan mobilitas tinggi apalagi di ibukota. Kenyamanan dan keamanan bisa kita peroleh di dalam mobil pribadi. Kita bisa sambil bekerja di mobil, update segala hal, dan sebagainya. Di samping itu, mobil pribadi bisa menjadi tempat untuk family time.

Istri turut berperan serta dalam pemilihan dan perawatan mobil

Buat para wanita yang sudah berumah tangga, urusan otomotif sebaiknya nggak sepenuhnya diserahkan kepada suami. Seperti yang diungkapkan aktor ternama Indonesia, Christian Sugiono, bahwa seorang istri juga perlu paham soal mobil. Menurutnya, otomotif adalah alat transportasi termasuk mobil yang dinikmati oleh semua orang.

“Sehingga sudah waktunya wanita juga perlu lebih mengetahui soal mobil. Hal mendasar tentang dunia otomotif diantaranya mengetahui kapan waktunya perawatan. Supaya nantinya ketika akan dijual lagi, kondisi mobil masih dalam keadaan bagus. Pemilihan mobil keluarga juga memerlukan keputusan bersama, apalagi jika sudah memiliki anak. Hal- hal yang perlu didiskusikan diantaranya warna, merek, jok,” ujar pria yang akrab disapa Mas Tian ini. Tak lupa Christian juga menyarankan untuk memastikan mobil tersebut memiliki suku cadang dan bengkel yang murah plus mudah didapatkan. Harga jual mobil di waktu yang akan datang juga perlu dipertimbangkan.

Jumlah wanita yang berpartisipasi dalam penjualan mobil semakin bertambah

Dijelaskan oleh Marketing Manager Carsome Maria Fransisca, bahwa di Carsome sendiri, wanita yang menjual mobil melalui Carsome sudah mencapai 27% dan setiap tahunnya semakin meningkat. Jadi ternyata dalam urusan penjualan mobil, wanita sudah lebih percaya diri. Di zaman digital sekarang ini, wanita memang sudah seharusnya nggak gampang dibohongi. Sudah banyak informasi yang mudah didapatkan.

Sebenarnya wanita juga decision maker soal kapan mobil ini dijual. Mba Maria menyemangati para wanita bahwa untuk soal kepengurusan mobil, wanita harus percaya diri, nggak tergantung kepada laki-laki. Kalau kita bisa menggali informasi lebih dalam dan tepat, kita akan mengetahui cara menjual mobil yang aman, nyaman, dan mendapatkan harga terbaik.

Tantangan yang dihadapi wanita dalam menjual mobil

Menurut Teh Ani, sebenarnya sudah banyak wanita yang mengerti dunia otomotif, tapi masih belum percaya diri. Ada juga wanita yang kurang wawasan untuk menilai mobilnya sendiri, sehingga masih menanyakan apakah nilainya masih tinggi. Memang wanita harus banyak menggali informasi tentang dunia otomotif.

Sebenarnya banyak portal-portal dunia otomotif, tapi nggak sedikit yang masih nggak transparan. Banyaknya dealer mobil dengan harga yang berbeda satu sama lain seringkali membuat wanita bingung. Jadi sudah saatnya wanita mencari informasi yang efektif dan efisien seperti di Carsome. Melalui jasa Carsome, informasi yang transparan dengan didampingi inspektor yang handal bisa membantu para wanita mengatasi tantangan tersebut.

Sementara itu, Mas Tian menyebutkan bahwa kurangnya pemahaman soal otomotif membuat kita rawan dibohongi. Para oknum yang curang seringkali asal menilai kerusakan di bagian tertentu mobil yang menyebabkan harga jual mobil turun secara signifikan. Pemeran film berjudul Jomblo ini menceritakan bahwa istrinya, Titi Kamal, pernah mau menjual mobil.

Ada seseorang yang tertarik membelinya dengan harga yang cukup tinggi. Mereka berdua menunggu sekitar empat jam, tapi orang tersebut nggak kunjung datang. Saat mereka menelepon, ternyata tiba-tiba di-cancel. Hal seperti ini kerap sekali bikin kesal. Selain itu ribet, nggak tahu harus kemana dan nggak transparan.

Kelebihan menjual mobil di Carsome Indonesia

Di platform Carsome, segala tantangan atau kesulitan yang tadi sudah diungkapkan bisa teratasi. Sistem di Carsome dilakukan mulai dari pengecekan mobil sampai terakhir transaksi. Jadi kalau mau menjual mobil di Carsome diawali dengan memasukkan data, nanti akan dibuatkan janji temu dimana saja. Tim Carsome yang akan datang sesuai dengan jam yang telah disepakati. Bahkan langsung datang ke kantor Carsome juga bisa.

Di pertemuan itu, inspektor Carsome yang akan mengecek keadaan mobil. Tim Inspektor Carsome akan membuat penilaian berdasarkan kondisi terbaik mobil tersebut. Jika ada yang harus diganti pasti akan disampaikan. Edukasi otomotif dari tim inspektor Carsome yang profesional akan disampaikan dengan jujur dan transparan. Jadi penjual akan mengerti kondisi mobilnya yang sebenarnya dan harga yang layak sesuai dengan kondisinya.

Setelah kesepakatan harga tercapai, Carsome yang akan mengerjakan semuanya. Nantinya mobil itu akan diperebutkan oleh ribuan dealer terverifikasi Carsome, harga terbaik pun akan didapatkan. Setelah itu, Carsome akan mendampingi proses transaksi. Transaksi bisa dilakukan di rumah, di kantor, bahkan di tempat Carsome. Pokoknya, penjual tinggal tunggu beres saja. Kemudahan yang diberikan Carsome memberikan kenyamanan bagi para wanita. (Ichaw)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

depok24jam