anak punk

50 Anak Punk di Depok Gelar Aksi Solidaritas untuk Riau

15

DEPOK- Selama ini anak punk identik dengan penampilan nyentrik. Dengan penampilannya yang tak biasa, anak punk juga sering dianggap sebagai pengacau. Tapi kali ini, para anak punk di Depok mengadakan aksi solidaritas untuk Riau pada, Minggu, 22-9-2019.

Ada sekitar 50 anak punk binaan Laskar Berani Hijrah yang ikut mengadakan aksi solidaritas untuk Riau yang tengah dilanda kabut asap akibat kebakaran dan lahan (karhutla). Mereka beraksi pada pukul 11.00 hingga 15.00 di sekitar lampu merah Ramanda, Depok.

Panasnya sengatan sinar matahari tidak menyurutkan tekad para mereka untuk beraksi. Dengan lantang mereka menyanyikan lagu-lagu yang dibuat sebagai tanda dukungan untuk Riau. Tidak hanya menyanyi, mereka juga turut menyuarakan solidaritas untuk Riau dalam spanduk maupun karton.

Selain bernyanyi dan menyuarakan solidaritas, mereka juga mengadakan penggalangan dana. Nantinya dana yang terkumpul akan dibelikan masker, tabung oksigen, dan obat-obatan.

Wirawan, selaku pendiri laskar berani hijrah, menjelaskan jika aksi solidaritas ini berawal dari mereka yang dalam proses hijrah ingin membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak kabut asap di tengah kesulitan keadaan ekonomi mereka sendiri.

“Aksi ini adalah aksi solidaritas dari teman-teman punk yang sedang proses hijrah. Mereka bingung mau bantu dalam bentuk apa, sedangkan keadaan ekonomi mereka sangat sulit. Jadi dengan menyuarakan kepedulian sekaligus penggalangan dana ini yang bisa mereka lakukan,” tutur Wirawan.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by MEMANTAU KOTA DEPOK 24 JAM (@depok24jam) on


Wirawan menambahkan bahwa aksi solidaritas Riau ini juga diharapkan dapat mengubah citra dari anak punk. Anak punk memang berpenampilan unik, tapi mereka juga punya empati terhadap sesama.

“Kami dari laskar berani hijrah juga ingin sekali mengubah paradigma negatif terhadap mereka. Walaupun mereka berpenampilan yang tidak lazim tapi mereka punya rasa empati buat saudara-saudara kita yang terkena asap”, tuturnya.

Wirawan berharap jika aksi ini dapat dicontoh oleh komunitas punk di kota lainnya. Dia juga menginginkan jika anak punk dapat lebih kreatif dalam berkegiatan.

“Terakhir, kami berharap aksi ini bisa dicontoh buat teman-teman punk yang ada di luar sana agar mereka mengadakan aksi-aksi kreatif, bukan aksi brutal,” tutupnya.

*Bagi warga Depok yang ingin turut berbagi donasi, dapat hubungi akun instagram @lbhijrah. Info lebih lanjut kontak 081295180905.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lebih Tahu Depok