Depok Bakal Fasilitasi Posyandu Bagi Balita Disabilitas

27

DEPOK24JAM,- Pemkot Depok berencana menyediakan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) khusus balita penyandang disabilitas yang berlokasi di wilayah Kecamatan Sukmajaya.

Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri mengatakan Posyandu inklusi tersebut sebelumnya telah tersedia di kawasan Sawangan.

“Ke depan akan kita tindak lanjuti sesuai dengan Memorandum of Understanding (MoU) yang sudah kami lakukan dengan beberapa perwakilan organisasi disabililitas binaan Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan,” katanya seperti dikutip dari berita.depok.go.id.

Menurutnya, penyediaan Posyandu inklusi di wilayah Sukmajaya juga berdasarkan data, bahwa di wilayah tersebut membutuhkannya. Pasalnya, Posyandu yang ada di Sawangan cukup jauh sehingga sulit untuk diakses warga disabilitas.

“Tidak ada pembeda bagi anak-anak penyandang disabilitas, mereka harus mendapatkan layanan kesehatan terbaik. Namun, memang penangannya tidak bisa disamakan dengan Posyandu pada umunya, baik kadernya dan tenaga kesehatannya,” ucapnya.

Supian menambahkan, rencana penyediaan Posyandu inklusi merupakan pengembangan dari MoU yang diteken Yayasan Harapan Karya Muda Indonesia (HKMI) Kota Depok dan Persatuan Orang Tua Anak dengan Down Syndrome (POTADS) di Ruang Sekda Kota Depok, Senin (03/10/22).

Dia menuturkan Pemerintah Kota Depok menyambut baik kepada lembaga dan organisasi yang berkerja sama dalam mengakomodir kebutuhan warga disabilitas.

“Tentu kami memiliki keterbatasan jika harus membuka di semua wilayah Kota Depok. Tapi dengan MoU ini akan terus kita jajaki, mengkaji berdasarkan data kebutuhan yang memang diperlukan ke depannya,” tutupnya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

depok24jam